6 Aplikasi Penghemat Baterai dan Pengisian Cepat untuk Android dan iPhone

aplikasi penghemat baterai

Selain aplikasi pembuka Zip, masih banyak aplikasi bermanfaat yang bisa ditemukan di Playstore, salah satunya ialah aplikasi penghemat baterai. Sesuai namanya, aplikasi tersebut mampu mengurangi konsumsi daya baterai pada perangkat ponsel pintar agar tidak cepat habis. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan smartphone lebih lama dari biasanya.

Menggunakan ponsel pintar memang menyenangkan, baik ketika chatting, browsing, telepon atau sekedar melihat posting di media sosial. Tanpa terasa, biasanya kita menghabiskan banyak waktu dengan aktivitas tersebut. Bahkan sebagian orang tidak akan berhenti jika baterai tidak habis. Pastinya tidak menyenangkan jika perangkat yang digunakan hanya mampu bertahan dalam satu atau dua jam saja.

Itulah sebabnya banyak pengguna ponsel pintar yang membutuhkan aplikasi yang dapat menghemat daya baterai. Kebanyakan dari sistem kerjanya yakni menghentikan sementara aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Beberapa dari aplikasi juga memiliki fitur lain yang pastinya bermanfaat. Mau tau aplikasi apa saja yang dimaksud? Yuk kita intip bersama!

Aplikasi Penghemat Baterai Android dan iPhone

Dari banyaknya aplikasi yang ada di Playstore atau AppStore, hanya beberapa yang terbaik menurut kami. Berikut adalah aplikasi penghemat baterai Android dan iPhone yang paling direkomendasikan!

1.     AccuBattery

Pastinya kamu mengenal Kaspersky sebagai provider antivirus. Ya memang benar, namun kali ini bukan masalah virus, melainkan aplikasi yang bisa menghemat baterai. Kaspersky mampu mendeteksi aplikasi lain yang mengkonsumsi daya berlebih. Dengan notifikasi yang diberikan, kamu bisa mematikan sementara aplikasi yang dimaksud.

Penting Dibaca!  10+ Cara Membuat Pesan Kosong di Whatsapp tanpa Aplikasi dengan Chat Panjang

 Tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi yang sudah di download 10 juta pengguna Android ini, karena ukurannya sangat ringan. Bagi kamu yang mempunyai memori internal menipis, masih memungkinkan menggunakannya karena hanya sebesar 16MB saja.

2.     AccuBattery

Bagi kamu yang ingin menggunakan aplikasi penghemat baterai dan pengisian cepat, AccuBattery adalah jawabannya. Aplikasi yang satu ini mampu mengontrol semua aktivitas di perangkat ponsel pintar, baik Android maupun iPhone. Dengan adanya fitur tersebut, kamu akan diberikan daftar aplikasi lain yang menghabiskan daya baterai.

Untuk kelanjutannya, silahkan tentukan sendiri, apakah ingin menghentikan aplikasi yang dimaksud atau tetap menggunakannya. Sedikit tips, lebih baik ambil saja saran yang diberikan aplikasi yang dipercaya oleh 10 juta pengguna ini.

3.     Dfndr Battery

Selanjutnya ada Dfndr Battery yang digunakan lebih dari 5 juta pengguna ponsel pintar. Aplikasi yang satu ini menghemat baterai dengan cara mendinginkannya. Pastinya dengan cara yang hampir sama dengan aplikasi diatas, yaitu menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Bedanya, kamu bisa setting otomatis melalui menu pengaturan.

Selain menghemat baterai, Dfndr battery memberikan fitur lain seperti laporan kesehatan baterai dan screen saver otomatis yang bekerja pada kecerahan layar. Menariknya, terdapat fitur lockscreen monitor dimana akan sangat berguna ketik mengisi daya.

4.     Battery optimizer and Widget

Battery optimizer and Widget merupakan aplikasi penghemat baterai hingga 2 hari. Hal ini dikarenakan banyaknya pilihan menu yang disediakan, yakni balance, power save, super save DLL. Apabila menu tersebut tidak cukup untuk dua hari penggunaan ponsel, kamu juga bisa menentukan sendiri berapa daya yang akan dihemat dengan fitur custom.

Penting Dibaca!  8 Aplikasi Penghasil Uang Rupiah Langsung ke Rekening yang Aman

Seperti halnya aplikasi lain, kamu juga bisa memonitor konsumsi daya dari tiap-tiap aplikasi yang berjalan atau manajemen memori. Satu hal yang lebih unggul dari lainnya yakni adanya pengingat dan perkiraan waktu daya yang tersisa.

5.     Battery Saver DU

Salah satu cara mengemat baterai HP adalah dengan menggunakan aplikasi Battery Saver DU. Aplikasi yang ditawarkan oleh US APPFU ini mampu menjaga daya baterai dengan cara mencegah jalannya aplikasi yang dicurigai sering menghabiskan baterai.

Kamu juga bisa melihat berapa lama sisa masa pakai perangkat dengan fitur live monitor. Cara menggunakan aplikasi penghemat baterai yang satu ini tergolong mudah, kamu hanya perlu satu klik untuk menghentikan aplikasi yang direkomendasikan.

6.     Battery Widget Reborn 2021

Rekomendasi terakhir dari kami yaitu Battery Widget Reborn 2021 yang dikembangkan oleh Tomas Hubalek. Fitur utamanya ialah adanya indikator, informasi penggunaan baterai dari aplikasi yang berjalan dan prediksi daya tahan baterai.

Tentunya bukan hanya itu saja yang bisa didapatkan, terdapat juga mode hemat otomatis, pengisian super cepat dan bahkan bisa digunakan sebagai senter. Pihak pengemban selalu memperbarui aplikasi yang dibuatnya, saat ini bahkan support Android 11.

Penutup

Itulah rekomendasi aplikasi penghemat baterai dari kami dengan berbagai kelebihan dan fitur masing-masing. Kamu bisa menggunakannya untuk semua merek HP Android dan iPhone, misalnya Xiaomi, Oppo, Redmi, Samsung DLL. Semoga dengan informasi diatas, kamu bisa menggunakan perangkat ponsel lebih lama lagi ya! Selain itu, alasan lain menggunakan aplikasi yang dimaksud adalah agar baterai lebih awet dan tidak cepat soak.